👍 Sepakbola Spanyol

9 Fakta Neymar yang Wajib Anda Ketahui

Neymar merupakan salah satu pesepak bola terbaik di dunia. Megabintang Barcelona itu pun memiliki sejumlah fakta yang tak terlalu banyak diketahui oleh pencinta sepak bola.

Neymar lahir pada 5 Februari 1992 di Mogi das Cruzes, kota yang masuk dalam wilayah negara bagian Sao Paulo. Anak dari pasangan Neymar Santos Sr dan Nadine da Silva ini sempat menimba ilmu di klub Portuguesa Santista, sebelum akhirnya direkrut Santos ketika masih berusia 11 tahun pada 2003.

Kariernya bersama Santos berjalan mulus. Melakoni debut saat berumur 17 tahun, Neymar mampu mendulang 136 gol dari 225 penampilan bersama Peixe. Dia juga turut mengantarkan Santos meraih enam gelar juara, termasuk tiga trofi Campeonato Paulista dan satu Copa Libertadores.

Tampil gemilang bersama Santos membuat banyak klub Eropa yang tertarik memakai jasanya. Namun, Barcelona yang akhirnya sukses meminang pemain 24 tahun itu dari Santos pada 24 Mei 2013.

Di Barca, karier Neymar terus bersinar. Hingga saat ini, Neymar telah menyumbangkan 91 gol dari 159 penampilan bersama Los Cules. Dia juga turut mengantarkan Blaugrana merengkuh tujuh titel juara, termasuk treble winner pada musim 2014-2015.


Setelah memperpanjang kontrak bersama Barcelona hingga 30 Juni 2021, Neymar kini menjadi salah satu pemain dengan nilai jual termahal di dunia. Barca baru akan melepas si pemain jika ada klub yang berani menggelontorkan dana hingga 430 juta euro (Rp 6,11 triliun).

Tak hanya sukses di level klub, Neymar juga bermain apik ketika membela timnas Brasil. Pemain bernama lengkap Neymar da Silva Santos Junior itu berhasil membawa Canarinho menjuarai Piala Konfederasi 2013 dan meraih medali emas Olimpiade 2016. Total, Neymar mendulang 50 gol dari 75 caps bersama Brasil.

Selain beberapa fakta di atas, Neymar juga memiliki beberapa hal yang jarang diketahui oleh publik. Berikut ini sembilan fakta unik Neymar.

1. Menjadi Ayah pada Usia 19 Tahun

Neymar menjadi seorang ayah pada 2011. Sang anak diberi nama David Lucca da Silva. “Saya menangis ketika pertama kali mendengar jika saya akan menjadi seorang ayah. Pertama kali saya merasa takut. Kemudian merasa senang. Ini adalah tanggung jawab baru dan sekarang saya menikmatinya,” ujar Neymar.

2. Kagum pada Cristiano Ronaldo

Pada 2012, Neymar mengakui jika megabintang Real Madrid, Cristiano Ronaldo merupakan salah satu pemain idolanya. Selain Ronaldo, penyerang timnas Brasil tersebut juga kagum pada Wayne Rooney, Andres Iniesta, Xavi Hernandez, Lionel Messi, dan Robinho.

3. Pernah Berpacaran dengan Pengacara

Seperti dilansir koran asal Spanyol, El Mundo Deportivo, Neymar pernah berpacaran dengan pengacara, Elisabeth Martinez. Perempuan berusia 26 tahun itu merupakan penggemar berat Barcelona dan kerap selfie dengan jersey Blaugrana. Meski dibakarkan berpacaran, Neymar jarang berfoto ataupun tertangkap kamera jalan bersama Elisabeth Martinez.

4. Muncul dalam Video Klip Music Rap

Neymar pernah tampil dalam video musik rap milik MC Guime yang berjudul Pais de Futebol pada 2013. Pemain 24 tahun tersebut memberikan motivasi kepada pemain-pemain muda Brasil untuk berani mengejar mimpi menjadi pesepak bola top dunia. Video berdurasi 4 menit 26 detik itu telah ditonton lebih dari 65 juta kali di situs Youtube.

5. Pemain dengan Gaji Tertinggi

Ketika masih berusia 16 tahun dan berseragam Santos, Neymar menerima bayaran 125 ribu reais atau setara dengan 30 ribu poundsterling (Rp 501 juta) per pekan. Setelah memutuskan hengkang ke Barcelona, Neymar menjadi salah satu pesepak bola dengan gaji tertinggi di dunia.

Usai memperpanjang kontraknya bersama Barcelona hingga 2021, pemain bernomor punggung 11 itu dikabarkan mendapatkan bayaran 250 ribu poundsterling (Rp 4,1 miliar) per pekan.

6. Nyaris Gabung ke West Ham United

Neymar nyaris membela West Ham United pada 2010. Bahkan, The Hammers siap menggelontorkan dana 12 juta poundsterling (Rp 200 miliar) demi bisa meminang Neymar dari Santos. Sayang, rencana tersebut urung terlaksana karena Santos menolak mentah-mentah tawaran West Ham.

7. Neymarzetes

Memiliki karier yang cemerlang di dunia sepak bola, Neymar juga mempunyai banyak penggemar yang dijuluki Neymarzetes. Kejadian unik pernah dialami Neymar terhadap Neymarzetes. Suatu ketika, pengawal pribadi Neymar sampai harus mengunci sang pemain di toilet bandara selama satu jam untuk menghindari kejaran Neymarzetes.

8. Cetak Gol ke-100 pada Usia 20 Tahun

Neymar berhasil mencetak gol ke-100 ketika tengah merayakan ulang tahunnya yang ke-20 pada 5 Februari 2012, kontra Palmeiras di ajang Campeonato Brasileiro 2012. Neymar mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-68. Sayangnya gol tersebut gagal menghindarkan Santos dari kekalahan 1-2.

Meski begitu, prestasi tersebut cukup membanggakan. Sebab, tak banyak pesepak bola yang mampu mencetak 100 gol dalam usia 20 tahun, dan ketika tengah berulang tahun.

9. Pernah Hampir Berseragam Real Madrid

Ketika masih berusia 14 tahun, Neymar terbang ke Spanyol untuk menandatangani kontrak bersama Real Madrid. Dia pun dinyatakan lolos tes medis dan akan resmi menjadi pemain El Real. Akan tetapi, Santos menawarkan gaji yang cukup besar hingga akhirnya membuat Neymar tetap bertahan di Brasil.

To Top