👍 Sepakbola Inggris

6 Kemenangan Beruntun Terpanjang di Premier League

Chelsea tetap berdiri kokoh di puncak klasemen Premier League setelah menang 1-0 atas Crystal Palace di Selhurst Park. Dengan demikian, The Blues tercatat mampu meraih 11 kemenangan beruntun di liga.

Setelah tumbang 0-3 dari Arsenal, Antonio Conte mengubah gaya bermain timnya dengan menerapkan formasi 3-4-3. Perubahan itu berbuah manis lantaran mereka selalu meraup poin penuh dalam setiap pertandingan.

11 kemenangan beruntun yang sudah ditorehkan oleh Chelsea tentu saja merupakan prestasi yang sangat luar biasa. Meskipun begitu, mereka masih belum bisa memecahkan rekor sebagai kemenangan beruntun terpanjang di Premier League.

Siapa saja tim yang telah mencatatkan kemenangan beruntun terpanjang di Premier League? Berikut ini adalah daftarnya

1. 11 Kemenangan


Chelsea
April – September 2009

Chelsea mencatatkan 11 kemenangan beruntun di Primer Leagu setelah mengalahkan tuan rumah Crystal Palace. Ini membuat Antonio Conte menyamai catatan rekor kemenangan beruntun terpanjang yang diraih pada 25 April-20 September 2009 silam di bawah kepelatihan Guus Hiddink hingga Carlo Ancelotti.

Hiddink diangkat menjadi manajer interim Chelsea setelah Luis Felipe Scolari dipecat Roman Abramovich. Meski terbilang cukup singkat, pria asal Belanda itu termasuk sukses termasuk mengantarkan The Blues hingga semifinal Liga Champions.

Menjelang berakhir masa tugasnya di Stamford Bridge, Hiddink mampu mengantarkan Chelsea meraih lima kemenangan beruntun melawan West Ham, Fulham, Arsenal, Blackburn dan Sunderland, dan finis di peringkat ketiga di Premier League. Meskipun begitu, kiprah Hiddink hanya sampai akhir musim.

Carlo Ancelotti kemudian ditunjuk menjadi manajer Chelsea pada musim berikutnya. Don Carletto dengan cepat memberikan kesuksesan kepada Chelsea setelah mengemas enam kemenangan beruntun di Premier League. Streak impresif Chelsea itu akhirnya terhenti setelah Wigan secara mengejutkan mampu mengalahkan mereka. Meskipun begitu, Chelsea keluar sebagai juara pada akhir musim.

2. 11 Kemenangan

Manchester City
April – September 2015

Manchester City menutup musim 2014-15 dengan hasil yang bagus setelah meraih enam kemenangan beruntun meski yang menjadi juara adalah Chelsea. Kemenangan beruntun mereka dimulai ketika menang 2-0 atas West Ham di Etihad Stadium pada bulan April.

City kemudian memulai musim depan dengan penuh percaya diri setelah memenangkan lima pertandingan awal di Premier League. Ironisnya, catatan kemenangan beruntun mereka berakhir di tangan West Ham setelah kalah 1-2 di Etihad Stadium. Meskipun begitu, pasukan Manuel Pellegrini masih tetap difavoritkan untuk memenangkan gelar pada akhir musim.

Namun, Tuhan sepertinya punya rencana lain setelah Leicester City menjalani musim bak cerita dongeng di Inggris. The Foxes pada akhirnya merengkuh gelar liga dan Manchester City finis di posisi keempat karena penampilan mereka tidak konsisten semenjak pertengahan musim.

3. 11 Kemenangan

Manchester United
Desember 2008 – Maret 2009

Manchester United baru saja kembali dari Piala Dunia Antarklub dan harus menghadapi Stoke City pada laga Boxing Day 2008. Mereka berada di posisi ketiga di liga sementara Liverpool memimpin perburuan gelar. Kemenangan 1-0 di Stoke pada saat itu menjadi awal dari cerita Setan Merah.

United kemudian meraih 11 kemenangan beruntun di liga sampai sampai 4 Maret 2009. Streak itu akhirnya dihentikan oleh Liverpool setelah mereka menang 4-1 di Old Trafford. Namun, The Reds sepertinya sudah terlambat.

Sir Alex Ferguson akhirnya bisa tertawa di akhir musim setelah memenangkan liga ketiga secara beruntun dan menyamai rekor 18 gelar Liverpool.

4. 11 Kemenangan

Liverpool
Februari –  April 2014

Setiap fans Liverpool pasti akan ingat musim 2013/14. Itu adalah musim di mana mereka hampir memenangkan gelar Premier League untuk pertama kalinya. Sampai pada akhirnya  insiden terpeleset menghancurkan mimpi untuk gelar.

Di musim ini Liverpool juga meraih kemenangan beruntun terpanjang mereka di Premier League. The Reds memenangkan 11 pertandingan beruntun yang dimulai dengan menghajar Arsenal dengan skor 5-1. Selama 11 pertandingan tersebut, Liverpool mampu mencetak 38 gol dan tentu saja dipelopori Luis Suarez.

Mereka hampir memenangkan gelar Premier League setelah puasa 24 tahun. Sayangnya, itu tidak terjadi. Kemenangan beruntun mereka berakhir ketika Liverpool menelan kekalahan 0-2 dari Chelsea di Anfield yang secara efektif mengakhiri harapan meraih juara.

5. 12 Kemenangan

Manchester United
Maret – Agustus 2000

Manchester United mendominasi Inggris pada musim 1999-2000. Setelah memenangkan treble, pasukan Sir Alex Ferguson memenangkan gelar lagi dengan margin 18 poin.

Dalam perjalanan meraih gelar Liga Inggris ke-13, The Red Devils meraih 11 kemenangan beruntun dimulai dengan kemenangan 3-1 melawan Derby County di Old Trafford pada Maret 2000. Selama 11 pertandingan mereka mengemas 37 gol saat lini depan mereka dipimpin Andy Cole dan Dwight Yorke.

United memulai musim 2000-01 dengan kemenangan 2-0 atas Newcastle yang memperpanjang rekor kemenangan menjadi 12 pertandingan. Ini merupakan rekor Premier League pada saat itu. Namun semuanya harus berakhir setelah United bermain imbang 1-1 melawan Ipswich Town pada pertandingan berikutnya untuk mengakhiri streak mereka.

6. 14 Kemenangan

Arsenal
Februari – Agustus 2002

Satu-satunya prestasi yang hampir menyaingi prestasi ‘Invincibles’ tahun 2004 dilakukan oleh Arsenal sendiri. Mereka mencatatkan kemenangan beruntun daalam 14 pertandingan sehingga menjadi rekor tidak hanya di Premier League tapi juga di Inggris.

Arsenal menjalani 13 pertandingan dengan kemenangan untuk meraih gelar pada tahun 2002. Dimulai pada bulan Februari mengalahkan Everton 1-0 dan terus berlanjut hingga akhir musim. Ini juga termasuk kemenangan yang menentukan gelar melawan Manchester United di Old Trafford.

The Gunners kemudian memulai musim berikutnya dengan kemenangan 2-0 atas Birmingham City untuk menambah rekor menjadi 14 pertandingan. Namun, semua itu berakhir ketika Arsenal bermain imbang 2-2 melawan West Ham.

To Top