👍 Sepakbola Spanyol

20 Pesepak Bola Paling Ternama di Dunia Diduga Terlibat Skandal Keuangan

indolivescore.com – Dalam dokumen rahasia “The Panama Paper” yang bocor ternyata di dalamnya menyebut banyak petinggi FIFA, UEFA, dan bintang-bintang sepak bola yang terlibat dalam sebuah dugaan skandal keuangan.

Dari sejumlah nama yang disebut dalam dokumen itu, ada mantan pemimpin UEFA Michel Platini dan megabintang klub sepak bola Barcelona, Lionel Messi.

Dokumen ini menyebut bahwa firma hukum dari pemantau etik FIFA memiliki hubungan bisnis dengan tiga orang yang terkait dalam skandal korupsi sepak bola global.

Dokumen ini juga mengungkapkan bahwa sejumlah pemain papan atas di Eropa menggunakan perusahaan-perusahaan di luar Eropa untuk menyimpan uang hasil kesepakatan hak citra mereka.

Temuan ini adalah hasil dari investigasi panjang selama satu tahun yang dilakukan Konsorsium Jurnalis Investigasi Internasional (ICIJ), harian terbitan Jerman, Suddeutsche Zeitung, dan sejumlah media lainnya.


Di dalam dokumen itu dijelaskan bahwa sebuah firma hukum milik Juan Pedro Darmiani, anggota Komite Etik Independen FIFA, bekerja untuk perusahaan asing di luar Eropa.

Salah satunya terkait dengan Eugenio Figueredo, mantan Wakil Presiden FIFA yang diduga terlibat dalam penipuan dan pencucian uang di Amerika Serikat.

“Temuan itu tidak menunjukkan kegiatan ilegal oleh Darmiani atau firma hukumnya. Namun, dokumen ini memunculkan pertanyaan untuk Darmiani dan FIFA,” demikian laporan yang diterbitkan ICIJ.

Lewat juru bicaranya, kepada ICIJ, Darmiani mengatakan, dia tak berwenang untuk membuat pernyataan pada saat otoritas Uruguay melakukan penyelidikan dugaan korupsi yang terkait dengan FIFA.

“Dia (Darmiani) menambahkan, dia memimpin pelaporan praktik korupsi di dalam tubuh FIFA kepada otoritas Uruguay dan kepada komite etik,” tambah laporan itu.

Jumlah catatan yang dibocorkan itu jumlahnya sangat luar biasa, yaitu mencapai 11 juta rekaman atau catatan yang berasal dari dokumen milik Mossack Fonseca, sebuah firma hukum di Panama.

Yang menarik, dokumen ini juga memuat nama 20 nama pesepak bola paling ternama di dunia, termasuk sang bintang FCBarcelona, Lionel Messi.

Messi dan ayahnya, Jorge, dituduh menyerahkan hak atas citra sang pemain ke dua perusahaan di Belize dan Uruguay dengan tujuan menghindari aturan di Spanyol yang mengharuskan pesepak bola melaporkan pendapatan yang diterima dari berbagai iklan.

Kasus ini pula yang membuat Messi dan ayahnya harus menghadiri sidang bulan ini dengan tuduhan melakukan penipuan pajak.

Keduanya dituduh tidak melaporkan penghasilan sebesar 4,69 juta dollar AS yang diperoleh dari penjualan hak citranya antara 2007-2009.

Dokumen ini juga menyebut Michel Platini meminta bantuan Mossack Fonseca untuk berhubungan dengan sebuah perusahaan yang dibangun di Panama pada 2007.

Platini saat ini dilarang melakukan berbagai kegiatan yang berhubungan dengan sepak bola selama enam tahun karena dianggap melanggar etika.

Dia menerima uang dari mantan Presiden FIFA Sepp Blater sebesar 2 juta dollar AS pada 2011 yang digunakan untuk konsultasi tanpa kontrak 10 tahun lalu.

To Top