👍 Sepakbola Inggris

10 Momen Sepakbola Tahun 2016 Yang Heboh dan Paling Banyak Dibicarakan di Media Sosial

Tahun 2016 banyak dianggap sebagai tahun yang ‘aneh’. Ada banyak hal yang sebelumnya seperti sulit terbayangkan dan ternyata terjadi sepanjang tahun 2016.

Dalam konteks sepakbola, memang ada banyak kejadian luar biasa yang terjadi. Mulai dari gol penting sampai pencapaian besar sebuah tim, semuanya terekam dengan jelas karena popularitas jejaring sosial.

Setiap kali ada kejadian besar, penggemar sepakbola akan akan ramai membicarakannya di berbagai jejaring sosial. Salah satu sarana yang paling banyak digunakan adalah Twitter.

The Sun sudah melansir kejadian sepakbola yang paling banyak dibicarakan di Twitter sepanjang tahun 2016 ini. Berikut adalah momen-momen tersebut.

10. Gol Dejan Lovren


Liverpool sudah tertinggal agregat 0-2 dalam leg kedua semifinal Liga Europa. Bermain di Anfield, Liverpool sukses menyamakan agregat menjadi 3-3 tetapi mereka tertinggal akibat aturan gol away.

Namun Dejan Lovren muncul sebagai pahlawanbagi Liverpool. Heading kerasnya sukses menjadi gol dan membawa Liverpool unggul 4-3 pada menit ke-91.

Kesuksesan Liverpool membalik kedudukan ini menjadi bahan perbincangan global dan dibicarakan 50.000 kali setiap menitnya di Twitter.

9. Inggris 0 – 0 Slovakia

Inggris tak mampu berbuat banyak dalam pertandingan terakhir Grup B Euro 2016. Bertarung melawan Slovakia, para penyerang Inggris tak mampu menjebol gawang lawan.

Dengan hasil imbang ini, Inggris pun harus puas finis sebagai runner up Grup B. Mereka harus rela malu karena yang menjadi jaura grup adalah tetangga yang selama ini selalu berada di bawah bayang-bayang mereka; Wales.

Momen ini banyak dibicarakan bukan cuma karena hasil akhir pertandingannya, tetapi juga karena konsekuensinya bagi Inggris. Alhasil, 51 ribu kali cuitan per menit pun tercipta membicarakan momen ini.

8. Penalti Gagal Schweinsteiger

Italia dan Jerman hanya mampu bermain imbang dalam pertandingan perempat final Euro 2016. Sampai babak tambahan usai, skor 1-1 tetap bertahan.

Laga pun dilanjutka ke babak adu penalti. Bastian Schweinsteiger punya kesempatan untuk menjadi penentu kemenangan bagi Jerman dalama adu penalti. Sayangnya, tembakan Schweini melambung tinggi.

Untungnya bagi Jerman, mereka masih bisa meraih kemenangan 6-5 dalam adu penalti tersebut. Tapi tetap saja, kegagalan penalti Schweinsteiger itu mampu membuat 52.000 teets setiap menitnya.

7. Gol Vardy

Inggris menjalani pertandingan persahabatan kelas atas melawan Jerman. Bertanding di Olympiastadion, Berlin, Inggris mampu meraih kemenangan heroik.

Tertinggal 0-2 lebih dulu oleh gol Toni Kroos dan Mario Gomez, Inggris bisa membalik skor lewat Harry Kane, Jamie Vardy dan Eric Dier. Gol Vardy yang menyamakan kedudukan menjadi yang paling banyak diperbincangkan di Twitter.

56 ribu pembicaraan tentang gol Vardy itu tercipta setiap menit. Kemenangan ini membuat Inggris menjadi percaya diri memasuki euro 2016 namun akhirnya mereka harus pulang dengan kepala tertunduk karena dinilai tampil mengecewakan.

6. Gol Eder

Cristiano Ronaldo mengalami cedera pada babak pertama partai final euro 2016. Bermain defensif, Portugal mampu meredam gelombang serangan Prancis dan memaksakan laga dilanjutkan ke babak tambahan.

Peluang yang didapat Portugal sepanjang pertandingan, namun mereka hanya butuh satu untuk meraih kemenangan. Adalah Eder yang muncul sebagai pahlawan bagi Portugal dengan gol tendangan jarak jauhnya pada babak tambahan.

Gol itu cukup untuk mengantarkan Portugal meraih trofi besar pertama mereka sepanjang sejarah. Gol itu juga ‘menghasilkan’ 58 ribu pembicaraan setiap menit di Twitter.

5. Gol Sam Vokes

Wales datang ke Euro 2016 tidak dengan status unggulan. Mereka pun banyak disebut sebagai one man team karena dinilai terlalu mengandalkan Gareth Bale.

Namun nyatanya Wales tampil perkasa di Euro. Para pemain mereka menunjukkan kontribusi yang cukup merata dan sama besarnya sepanjang turnamen. Namun puncak pencapaian Wales adalah ketika mengalahkan Wales dengan skor 3-1.

Gol ketiga Wales dalam pertandingan itu dicetak oleh sam Vokes. Gol itu menjadi perbincangan besar dan dibicarakan 59 ribu kali dalam semenit.

4. Gol Indah Eric Dier

Inggris datang ke Euro 2016 dengan ekspektasi tinggi. Mereka lolos sebagai juara grup dengan hasil pertandingan sempurna. Selain itu, mereka juga berhasil meraih kemenangan dalam pertandingan persahabatan melawan tim sekelas Jerman.

Ekspektasi itu mulai terkoreksi pada pertandingan pertama mereka di ajang Euro. Laga perdana merka hanya berakhir imbang 1-1.

Inggris unggul lebih dulu lewat gol indah Eric Dier pada menit ke-73. Gol indah tendangan bebas dari jarak 20 meter ini ramai diperbincangkan dan menghasilkan 60 perbincangan per menit.

Sayangnya Rusia kemudian bisa menyamakan kedudukan lewat Berezeutskyi.

3. Gol Daniel Sturridge

Titik tertinggi yang dicapai Inggris di euro 2016 adalah ketika mereka berhasil mengalahkan Wales. Bertanding pada laga kedua Grup B, Inggris berhasil menang dengan skor tipis 2-1.

Kemenangan itu tidak didapat dengan mudah. Kedua tim bermain sengit dan berimbang dari awal sampai akhir. Namun hasil akhir ditentukan oleh Daniel Sturridge.

Tembakan Sturridge pada menit terakhir pertandingan sukses memberikan kemenangan. Inggris merayakannya dengan gembira dan gol ini menciptakan 77 ribu tweet per menit.

2. Leicester Juara Liga Inggris

Salah satu momen paling mengejutkan sepanjang tahun ini adalah kesuksesan Leicester City menjadi juara Premier League. pada awal musim, peluang juara Leicester cuma 5000:1, setidaknya menurut berbagai rumah judi.

Tapi anak buah Claudio Ranieri mampu membalik semua prediksi dan menjadi juara. Banyak yang menyebut keberhasilan Leicester ini adalah kesuksesan sepakbola terbaik sepanjang sejarah.

Momen juara Leicester ini dibicarakan 107 ribu kali dalam semenit. Namun efek besarnya bisa dirasakan di seluruh dunia.

1. Inggris Dijambankan Islandia

Inggris yang berangkat dengan ekpektasi tinggi di Euro 2016 harus pulang dengan rasa malu. Mereka disingkirkan tim non unggulan, Islandia, di babak 16 besar.

Unggul lebih dulu lewat penalti Wayne Rooney, Inggris justru kalah oleh gol Ragnar Sigurdsson dan Kolbeinn Sigthorsson. Label bahwa Inggris adalah tim yang overrated dan kerap gagal di turnamen besar.

Reaksi publik Inggris pun luar biasa. Mulai dari komentator sampai suporter semua menghujat penampilan Inggris yang dinilai sangat buruk dan tidak menunjukkan semangat juang yang seharusnya.

Semua itu diwujudkan dengan respon yang mencapai 128 ribu tweet per menit. Ada guyonan yang mengatakan bahwa Inggris keluar dari Eropa dua kali dalam sepekan akrena sebelumnya warga Inggris sudah memilih Brexit alias keluar dari Uni Eropa.

To Top